SOAL BAHASA INDONESIA KELAS IX
1. Penyiar : Oke. Pengalaman kehidupan seperti apa yang pernah kalian pahami dari lagu?
Saskia : Dalam lagu-lagu yang dinyanyikan kaum muda biasanya pengalaman cinta, kak!
Tapi kalau kita mendengarkan lagu-lagu Ebiet G. Ade ada pengalaman kerohanian yang sangat kaya. Misalnya dalam lagu ”Berita Kepada Kawan” lagu itu mengisahkan pengalaman Ebiet bertemu seorang anak kecil yang ayah ibunya meninggal dalam bencana alam.
Apakah tema dialog di atas?
a. pengalaman menyanyikan lagu-lagu kaum muda
b. pengalaman yang dapat dipetik dari menyanyikan lagu
c. pengalaman kehidupan yang dapat kita petik dari lagu
d. pengalaman Ebiet. G. Ade dengan anak kecil
2. Apakah kesimpulan dialog interaktif di atas?
a. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta
b. lagu-lagu Ebiet. G. Ade bisanya pengalaman kerohanian
c. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta sedangkan lagu Ebiet. G.Ade tentang pengalaman kerohanian
d. lagu Ebiet. G. Ade adalah pengalaman bertemu anak kecil yang ditinggal ayah ibunya
3. Manakah kalimat berikut yang berupa pendapat nara sumber?
a. Lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta
b. Ebiet. G. Ade menyanyikan lagu berita kepada kawan
c. Ebiet. G. Ade bertemu anak kecil
d. Anak kecil ditinggal ayah dan ibunya
4. Manakah berikut ini berupa komentar yang meyakinkan dari pendapat nara sumber di atas?
a. lagu-lagu cinta pasti disukai anak muda
b. pengalaman kerohanian kita bertambah kaya dengan mendengar kisah anak kecil yang ditingggal orang tuanya
c. lagu-lagu cinta memang menyenangkan kaum muda
d. lagu-lagu Ebiet. G.Ade memperkaya pengalaman kerohanian pendengarnya
5. Syair Perahu
Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah beberapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal diammu
....
Apakah tema syair di atas?
a. kita harus mengenali diri kita masing-masing
b. kehidupan dunia sementara
c. kehidupan akhirat akan kekal
d. kehidupan dunia hanya sementara dan yang kekal kehidupan akhirat
6. Apakah pesan penulis syair yang ingin disampaikan?
a. agar kita memahami arti kehidupan yang tidak kekal
b. kehidupan dunia seperti perahu
c. hidup kita tidak lama
d. keakhirat juga kita nanti
7. Muaranya dalam, ikanpun banyak
Di sanalah perahu keram dan rusak
Karangnya tajam seperti tombak
Ke atas pasir kamu tersesak
Dilihat dari segi bentuknya, karya sastra di atas disebut ....
a. puisi
b. pantun
c. Syair
d. gurindam
8.
|
No.
|
Jumlah
larik
|
Jumlah
Suku kata
|
sajak
|
Isi
|
1.
2.
3.
4.
|
4
4
4
4
|
8-10
8-12
8-12
8-12
|
ab-ab
ab-ab
ab-ab
aa-aa
|
Dongeng/cerita
Nasihat/dongeng
Petuah/cerita
Nasihat/cerita
|
Ciri-ciri syair yang paling tepa terdapat pada tabel nomor berapa?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Apabila dilihat dari segi ppersamaan bunyi pada ujung baris puisi lama (syair) mempunyai pola ....
a. ab-ab
b. aa aa
c. abcb
d. aa bb
10. Disebut apakah karya sastra lama yang berisi 4 baris sebait yang isinya menyebar diseluruh baris
a. pantun
b. syair
c. gurindam
d. talibun
11. Cerita Sincan justru merusak nilai pendidikan yang kita tanamkan kepada anak-anak.
Komentar logis atas pendapat di atas adalah ....
a. pendapat tersebut benar karena cerita Sincan tampil dengan ketidaksopanan
b. pendapat tersebut benar, karena tidak selayaknya nilai pendidikan ditampilkan melalui kartun
c. pendapat tersebut benar karena karena sinetron Sincan berasal dari negara lain
d. pendapat tersebut benar karena Sincan tidak cocok ditonton anak-anak
12. Manakah berikut ini yang merupakan kritik dari yang paling logis?
a. Wajar kalau lukisan itu laku mahal karena yang membeli orang kaya
b. Lukisan tersebut bagus karena memang mahal
c. Lukisan itu bagus, karena dibuat oleh pelukis terkenal
d. Wajar kalau bagus karena catnya banyak
13. Jika Anda mengkritik sebuah lukisan, hal apa yang menjadi bahan pertimbangan?
a. alat yang digunakan
c. Tempat melukisnya
b. pelukisnya
d. Hasil lukisannya
14. Nanti-nantikanlah
Rumput kering menguning
Terhampar luas
Gemetar tampak hawa panas
Atas padang sunyi
Apakah kelebihan penggalan puisi di atas?
a. barisnya hanya empat
b. persamaan bunyi menarik
c. menggunakan makna kias
d. sulit dipahami maknanya
15. Apa kelemahan puisi di atas?
a. sebait berisi empat baris
b. bunyi di akhir baris
c. kata-katanya indah
d. sulit dipahami maknanya
16. Ada lukisan pantai Bali saat mentari hampir terbenam karya Gunarsa.
Apakah kritikan yang paling baik?
a. Lukisannya bagus, sayang warna mataharinya kurang cerah sedikit.
b. Lukisan itu bagus, pokoknya bagus
c. Lukisan itu jelek, saya tidak senang
d. Lukisannya bagus sayang yang melukis bukan Afandi
17. Dalam rangka bulan bahasa, SMPN Megang Sakti mengadakan lomba baca puisi. Banyak siswa yang menyukai lomba baca puisi tersebut.
Unsur berita apakah yang tidak ada dalam laporan berita tersebut?
a. di mana
c. mengapa
b. kapan
d. bagaimana
18. Saudara, saya ini berada di lokasi kebakaran kompleks pertokoan menara kencana. Tampak api masih menyala-nyala melalap kios di bagian timur.
Unsur apakah yang belum ada pada laporan di atas?
a. apa
c. bagaimana
b. di mana
d. mengapa
19. Setiap pagi Widodo keluar dari gubuknya, meninggalkan istri dan kedua anaknya, membawa tas hitam murahan. Sudah seminggu ini persediaan beras di rumah menipis. Istrinya meratap tetapi Widodo hanya mengatakan agar menunggu berapa hari. ”Aku akan pulang dengan tas hitam ini penuh dengan uang”.
Siapa mau membeli teko itu dengan harga jutaan rupiah seperti impianmu? Yang kuperlukan bukan uang sebanyak itu, aku hanya ingin beras dan ikan asin. Aku tak tahan melihat anak-anak menangis karena lapar” ujar istrinya.
Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dilukiskan secara menonjol adalah ....
a. setting
c. konflik
b. pengenalan masalah
d. penyelesaian
20. Manakah berikut ini yang merupakan setting dari penggalan cerpen di atas?
a. pagi hari di sebuah gubuk
b. gubuk
c. pagi hari
d. Setiap pagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar